10 TIPS MEMULAI BISNIS

Gimbers
20 Februari 2017 - 17:41
Share with
10 TIPS MEMULAI BISNIS

Dewasa ini, dunia bisnis merupakan dunia yang sangat menjanjikan bagi para pencari tantangan yang kreatif dan inovatif. Banyak orang yang ingin mendirikan bisnis/usaha, tapi bingung dalam menentukan jenis usaha dan memulai usaha itu sendiri.

Bisnis itu merupakan suatu usaha yang di kerjakan orang perorang ataupun berkelompok, dimana di dalam usaha tersebut mempertemukan pembeli dan penjual yang saling berinteraksi secara langsung maupun tidak, dimana bisnis ini dijalankan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau laba, dan kalaupun mengalami kerugian diakibatkan tidak dijalankan dan direncanakannya usaha dengan baik

1.MENENTUKAN IDE

Saat membuat ide usaha, coba lihat ke sekeliling kita dan cari contoh sukses dari model usaha yang  dikehendaki, lalu pelajari. cari ide bisnis yang juga sesuai dengan karakteristik Anda, yang sekiranya bisa diaplikasikan didaerah Anda dan mempunyai potensi untuk maju, (misal; usaha/bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen, life style konsumen, trend, dll)

2. MENETUKAN JUMLAH MODAL DAN PROPORSI MODAL

Karena kebanyakan bisnis adalah kegiatan yang berisiko, carilah partner. Tujuannya adalah untuk menyebar tingkat risiko kegagalan, karena untuk memulai bisnis/usaha baru terkadang banyak kendala dan penyesuaian dengan kondisi usaha realnya. pada tahap pemula ini, tingkat kegagalan cukup tinggi.

3. OWNER IS WORKER

untuk tahap pemula diusahakan jangan menggunakan karyawan dari luar dulu, karena akan menambah operational cost anda. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri. Pada saat ini Anda akan merasakan tahap untuk menjadi seorang wirausahawan.

 

4. TIME IS MONEY

konsep waktu adalah uang benar-benar harus diterapkan, hargai waktu kerja Anda, anggap Anda seorang pekerja dan alokasikan upah untuk Anda, jadi Anda akan tahu berapa besar beban biaya yang harus Anda tanggung dan berapa pemasukan yang harus Anda dapat untuk menutup cost yang timbul.

5. REKRUT KARYAWAN

dalam perekrutan karyawan, mestilah sedikit ketat dalam proses seleksinya, karena karyawan selain sebagai aset Anda, karyawan juga merupakan partner bisnis Anda. Cari karyawan yang satu visi dengan Anda, yang bisa diajak kerjasama dan dapat membantu terwujudnya cita-cita bisnis Anda, baik dalam waktu jangka pendek, menengah dan panjang.

6. OPTIMALKAN KEBIHAN DAN MINIMALISIR KEKURANGAN

tidak salahnya Anda melakukan Analisa SWOT, dimana untuk menganalisa internl dan eksternalnya usaha Anda. Dalam hal ini, Anda cukup untuk analisa internalnya saja untuk tahap awal, yaitu Strenght (kekuatan/kelebihan) dan Weakness (kekurangan/kelemahan), dimana Anda bisa mengoptimalisasi kelebihan/kekuatan/keunggulan dari usaha Anda dan meminimalisasi kekurangan/kelemahan dari usaha Anda.

7.TENTUKAN MODAL DASAR PER UNIT 

dalam menghasilkan hasil produk baik berupa barang/jasa, hitung modal dasar yang dikeluarkan untuk menghasilkan perunit barang/jasa. modal dasar perunit ini diperlukan untuk mengukur/menghitung tingkat laba/profit yang Anda inginkan, dan untuk mengetahui proporsi rasio-rasio keuangan (jika diperlukan) untuk menghitung tingkat Break Event Point, Payback Period, IRR, dan lain-lain.

8.BERIKAN SENTUHAN IT (INFORMASI TEKNOLOGI )

Dalam proses produksi barang/jasa ada baiknya berikan sentuhan IT, dikarenakan output yang dihasilkan bisa menjadi lebih berkualitas dan efisien. Pemanfaatan IT dalam proses produksi sangat membantu memudahkan perusahaan/pengusaha.

9. PROMOSI YANG BAIK

program promosi yang menarik sangat menentukan keberlangsungan usaha Anda. Program promosinya bisa dari yang murah sampai ke yang mahal. Promosi murah bisa berupa promosi online, brosur, spanduk, baleho, media massa, media elektronik, dll. Dimana promosi merupakan ujung tombak keberlangsungan usaha Anda, merupakan suatu cara untuk semua konsumen akan mengetahui semua tentang produk Anda. Desain yang menarik program promosinya, sehingga membantu efektifitas pemasaran.

10. DO THE BEST, BE THE BEST

percaya diri untuk melakukan yang terbaik menurut Anda dan selalu berorientasi menjadi yang terbaik dalam semua aspek usaha.

TETAP SEMANGAT

BELAJAR BISNIS, YA GIMB!!!!


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA