7 TIPS SUKSES WOMENPRENEUR

Gimbers
18 Februari 2017 - 14:36
Share with
7 TIPS SUKSES WOMENPRENEUR

Bukan hal mustahil untuk membangun sebuah startup bagi seorang perempuan. Namun diperlukan beberapa tip untuk bisa memperkaya pengetahuan agar bisa mengembangkan bisnis. Berikut ulasan yang bisa digunakan oleh pengusaha perempuan dalam membangun bisnis.

1. Membangun jaringan profesional

Membangun jaringan merupakan salah satu hal penting dari seorang pengusaha untuk bisa membuka peluang bisnis. Selain itu, seorang womenpreneur juga bisa mendapatkan wawasan dari orang penting maupun profesional lainnya yang berada dalam industri yang sedang dijajaki.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membangun jaringan seperti berpartisipasi dalam sebuah acara, bergabung dengan organisasi masyarakat, berpartisipasi di konferensi industri dan pameran dagang. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan media sosial seperti LinkedIn untuk membuka jaringan dengan pengusaha perempuan lain dan para pemimpin industri.

2. Cari mentor yang tepat

Menemukan mentor yang tepat diperlukan untuk mendukung dalam mencapai target yang diinginkan. Seorang mentor yang berkompeten dapat memberikan arahan untuk menyelesaikan masalah besar maupun kecil serta melakukan pendampingan ketika dibutuhkan.

Lebih lanjut, dengan memiliki seorang mentor kamu dapat memperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman yang telah mereka lakukan. Semua kendala menyangkut urusan bisnis atau kewirausahaan akan dibantu diselesaikan guna mendukung dalam mencapai tujuan  sebagai pengusaha perempuan

3. Mengambil kesempatan pendanaan

Saat ini, industri teknologi keuangan atau fintech tengah gencar memberikan peluang kepada pebisnis untuk merealisasikan mimpi melalui peminjaman pendanaan yang ditawarkan. Kesempatan tersebut membuka peluang untuk mendapatkan beragam pilihan pendanaan untuk pengusaha.

Dengan proses pengajuan permohonan yang cepat, pengusaha perempuan bisa memiliki akses ke dana yang mereka dibutuhkan sehingga memungkinkan mengembangkan usaha.

4. Manajemen waktu

Untuk mencapai keberhasilan, kemampuan dalam melakukan manajemen waktu menjadi kunci utama. Namun, sebagai seorang entrepreneur tentu akan dihadapkan pada daftar panjang persoalan yang harus segera diselesaikan dalam tenggat waktu dan sumber daya yang terbatas.

Bagaimana strateginya? Ada baiknya sebelum mengambil keputusan untuk meluncurkanstartup ada baiknya untuk berlatih dalam mengelola waktu dengan baik. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi atau perangkat lunak untuk memperlancar proses bisnis. Menurut Co-Founder Bundle Organics Kwany Lui,  evaluasi terhadap kegiatan yang benar-benar akan membuat dampak pada bisnis dan fokus pada manajemen waktu merupakan hal penting.

5. Terus mencari inspirasi

Sebagai seorang pengusaha wanita, diperlukan kemampuan untuk terus mencari ide-ide yang menginspirasi untuk terus bergerak maju. Ada banyak wanita yang memilih menjadimompreneur meski tidak memiliki titel yang tinggi atau pengalaman kerja tetapi ternyata sangat sukses dalam bisnis.

Dengan demikian, tidak ada yang dapat menghentikan untuk menjadi pengusaha yang sukses dengan melahirkan ide bisnis yang cemerlang. Mengidentifikasi kelemahan dan mulai bergerak menjadi langkah yang tepat dilakukan. Dengan kesabaran dan ketekunan akan menjembatani kesenjangan antara pengalaman dan harapan yang ada.

6. Rajin berpartisipasi dalam berbagai acara

Dengan menghadiri kegiatan yang memiliki kaitan dengan bisnis yang sedang ditekuni akan memberikan kesempatan untuk bertemu orang yang tertarik dengan produk atau layanan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan masukan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagai seorang pengusaha wanita, kamu harus lihai melihat bagaimana orang lain mengatasi tantangan dan memecahkan masalah pada produk atau layanan yang dibesut. Dengan menghadiri acara-acara seperti meetup, ataupun gathering lainnya, secara tidak langsung membantu memahami lebih lanjut terkait kondisi yang ada pada produkmu.

7. Tahu kapan perlu meminta bantuan

Dalam merintis bisnis, diperlukan kerja keras untuk bisa mengembangkan usaha. Namun, adakalanya seorang pengusaha membutuhkan bantuan. Meminta bantuan ketika membutuhkannya adalah bukanlah tanda kelemahan.

Pengusaha perempuan harus memahami kapan dan bagaimana untuk meminta bantuan ketika mereka membutuhkannya. Di sinilah peranan mentor dan jaringan profesional yang ada bisa diandalkan ketika mengalami tantangan yang membutuhkan bantuan.

Sumber: Knowstartup


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA