BAGAIMAN CARA MEMBUAT TARGET PENJUALAN

Bekti Soehartono
05 Desember 2016 - 13:06
Share with
BAGAIMAN CARA MEMBUAT TARGET PENJUALAN

Coba bisa Anda bayangkan, jika dalam bisnis atau usaha tidak punya apa yang menjadi target jualannya?

Sering ada yang tanya dalam training yang saya adakan, " Mas, kapan target jualan dibuat, dan bagaimana target penjualan dibuat?


miris banget, kalo kita punya bisnis ga' punya target penjualan? dan siapa yang bertanggung jawab tho mas..mba...

urusan gaji karyawan, biaya produksi, pemasaran dan masih banyak lagi nyambung urusannya kemana-mana..

jadi jika..

Sales professional tidak mencapai target, Pengusaha yang rugi, Manager yang Gagal?

biar adil,... semua harus tanggung jawab!

Kenapa hal itu terjadi, dan tetapi ada dari Sales Professional yang sukses, Pengusaha yang Sukses, Manager yang Sukses dengan gampang mereka dapat melewati dan melebihi target yang ditetapkan. Karena mereka tahu caranya.

saya tanya seorang sales yang berhasi dan sukses, ternyata

Dari kesuksesan yang mereka raih, dalam membuat TARGET PENJUALAN, ada empat elemen dasar yang mempengaruhi dan dipraktekan...

komitment ya? kalo sudah tahu ilmunya..OK ?

yang pertama.. 4 RAHASIA TERLUPAKAN, DALAM MEMBUAT TARGET PENJUALAN

1. Target dibuat secara positif, spesifik dan jelas

Buat target dalam bentuk format “ saya ingin…” Buat kalimat dalam bentuk positif dan spesifik. Contoh,

Saya ingin menembus angka penjualan 200 juta pada akhir kuartal ke dua.

Saya akan sudah menutup 30 akun baru pada akhir bulan Desember 2015.

Saya ingin meningkatkan rate closing menembus angka 30% pada tanggal 25 Desember 2015

Dan disini saya juga menegaskan kepada pembaca, hati-hati dalam membuat kalimat membuat target seperti contoh kalimat negative berikut yang tidak saya anjurkan: “saya tidak ingin, saya tidak mau gagal, saya tidak bisa menembus angka penjualan 100%”

2. Target dapat dijamin pencapaiannya

Maksudnya? Anda sebagai pembuat target apapun yang terjadi dan akan memulai target melangkah menuju target, menjamin target ini dapat Anda capai.

Maka oleh karena itu target harus ditulis dan digambarkan sehingga membuat Anda untuk selalu ingat dan terus berupaya untuk mencapainya. Dan semua itu dapat dicapai tergantung dengan pikiran dan tindakan yang Anda lakukan.

3. Target harus Nyata dan dibuktikan

Baca, Baca, Baca kembali target yang sudah Anda tetapkan dan apa yang muncul dikepala anda saat target disebutkan? Contoh, Anda membayangkan suatu keadaan saat itu Anda dan team anda merasa kegirangan bahwa target dapat anda dan team anda dapat dilampaui, atau ucapan dari atasan Anda yang mengucapkan selamat atas keberhasilan anda menembus angka target anda. Bahkan anda mampu menggambarkan dengan melampaui target Anda, Anda diberikan bonus berupa mobil baru dan mengendarainya bersama orang-orang yang anda cintai. Itu semua contoh adalah dapat dibuktikan dengan indera.

Jadi, Anda harus bisa melihat dan merasakan serta mengalami dipikiran Anda apa yang ingin Anda targetkan. Dengan pengalaman internal diri Anda tersebut yang anda dapat akan membantu dan memudahkan anda untuk co-pilot atau bahkan auto-pilot Anda dalam menuju target tersebut.

Dengan kemampuan Anda me-visualisasikan atau menggambarkan objek-objek tersebut sebuah keuntungan bagi anda jika mulai dan terjadi kehilangan arah atau tenaga dalam pencapaian target sebagai tools untuk penguat perasaaan atau motivasi Anda untuk tetap berupaya…

4. Target harus membaikan dan menjaga keseimbangan hubungan dengan hal yang lain…

Salah satu hal yang sering kali diabaikan dan tapi mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam keberhasilan menjual adalah pengaruh pemikiran, kata-kata-, tindakan dan hasil yang diperoleh terhadap apapun yang ada disekelilingnya. Dalam semboyan saya dalam menjual menyebutkan ‘win-win-win, berarti saat saya menjual barang atau jasa dalam pemikiran dan yang saya lihat, Saya sebagai seorang sales professional win, buyer saya win, perusahaan atau organisasi saya win. Bahkan bisa anda tambahkan orang-orang dekat anda atau yang anda sayangi win, atau lebih abanyak orang yang bertemu dengan anda dan bertransaksi win.

Pointnya adalah semua usaha dan upaya yang anda lakukan dan sebanyak mungkin yang berhubungan dengan keberhasilan dan upaya anda dalam menembus target “win”. Betul, Anda tidak bisa memenuhi semua orang-orang tersebut untu happy, tapi usahakan sebanyak mungkin mereka memperoleh banyak manfaat dari transaksi dan target anda.


Paham sekarang mas/mba ?

Ok, terimakasih dan semoga bermanfaat dan Anda menyukai mendapatkan manfaat hari ini? Begitupun saya sangat berbahagia bisa menebarkan manfaat pada tulisan ini.

Salam sukses tanpa batas!

Bekti Soehartono | Mentor & Business Coach | www.professionaltrainingcenter.net

Ps. Ilmu yang luar biasa dan akan memiliki manfaat yang besar praktekan dan tularkan kepada sesama dan ebook dan belajar online yang wow- dapatkan disini, sesuai dengan kebutuhan Anda.


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA

TUTUP BUKU BULANAN
oleh Ahmad Syarif pada 05 Oktober 2016 - 00:00
TUTUP BUKU BULANAN

Hari ini adalah hari Senin dan bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2015 yang pastinya bagi setiap entrepreneur memiliki arti tersendiri dimana set...see more