IJIN USAHA DI INDONESIA MENYERAMKAN?

gaffar mohammad jahid
30 November 2016 - 07:52
Share with
IJIN USAHA DI INDONESIA MENYERAMKAN?

Bagi Pelaku UMKM, perijinan usaha masih jadi masalah pelik. Sebagian entrepreneur muda dan pemula di Komunitas Bisnis GIMB punya asumsi “menyeramkan” tentang proses perijinan. Begitu seloroh Agus Santoso, sang pemandu diskusi ILB yang diselenggarakan GIMB Foundation.

Setidaknya itulah gambaran umum yang terungkap dalam NEW ILB GIMB Edisi #70, Sabtu malam, 26 November 2016 di Trends Cafe Jl. Pahlawan Bandung. Program I Love Business (ILB) Edisi #70 berubah format menjadi Forum Diskusi Grup.

Dihadiri berbagai perwakilan dari stakeholder, mulai dari pelaku UMKM, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung, HIPMI, Kadin, Komunitas, Notaris, Legal Consultant, Inspira TV, dan Majalah Anak Muda “Pride”.

Indonesia saat ini berada di peringkat 97 dari 189 negara dalam hal kemudahan perijinan usaha. Jika dibandingkan dengan Singapura sebagai peringkat 1, masih sangat jauh. Di Singapura hanya butuh waktu 30 menit dan biaya kurang dari 3 juta rupiah untuk mendapatkan ijin usaha.

Acara dimulai dengan penampilan Rega dan Launching Web www.gimbers.com versi Betha. Salah satu peserta, Viki Andrianto berhasil mendapatkan doorprize Buku 9 Kunci Sukses Entrepreneur karya salah satu Founder GIMB, Agus Santoso, setelah berhasil menjadi peserta tercepat membuat akun di www.gimbers.com.

Web www.gimbers.com adalah sebuah platform yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk membuat profil diri, profil usaha, mempromosikan produk, membuat artikel, berdiskusi dengan member dan pakar, dll. Bagi Anda pelaku usaha, silahkan login free di sini : www.gimbers.com

Diskusi berjalan seru. BPPT yang diwakili oleh Andar Sukandar mengatakan bahwa di Kota Bandung sudah diberlakukan kemudahan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil melalui aplikasi GAMPIL yang bisa didownload gratis di Play Store.

Namun menurut Eris Munandar, Komisaris Inspira TV, sistem perijinan usaha di Indonesia belum berpihak pada pelaku usaha. Selain lama, ketidakjelasan prosedur dan biaya masih jadi kendala. Ini membuktikan bahwa “pemerintah belum hadir” untuk pelaku usaha.

Berikut ini tujuan dan manfaat perijinan usaha menurut Andar Sukandar dari BPPT Kota Bandung :

1. Sarana perlindungan hukum dan alat pengendalian bagi pemerintah.

2. Sarana penunjang perkembangan usaha.

3. Sarana promosi dan meningkatkan kredibilitas usaha.

 

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi catatan khusus dari Diskusi ILB #70 :

1. Aspirasi dari para pelaku usaha bisa dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan bagi pemerintah, khususnya BPPT Kota Bandung guna meningkatkan kualitas pelayanan perijinan usaha.

2. Terjalin kerjasama antara GIMB dan Notaris dan Legal Consultant berupa keringanan biaya pembuatan Akta Perusahaan (PT/CV) bagi para Member GIMB.

3. Seluruh peserta diskusi ILB berharap ke depan semakin terjalin kerjasama win-win sehingga bisa tercipta sinergi dan ekosistem yang lebih baik bagi dunia usaha di Bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya.

OK, sampai jumpa bulan depan di ILB #71 dengan tema lebih menarik lagi!

 

GIMB FOUNDATION :

Komplek Grand Surapati Core Blok F1 Lt 2, Jl PHH. Mustafa No. 39 Bandung WA : 0857.94.8585.76. | www.gimbers.com


#lovebisnis #perijinanusaha #bisnis #online #likeforbandung

 


Agus Santoso

Founder GIMB Entrepreneur School

Komplek Grand Surapati Core Blok F10 Lt. 2 Bandung | 081221569945 | @agusbipoz | www.gimbers.com www.gimbfoundation.org


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA

TUTUP BUKU BULANAN
oleh Ahmad Syarif pada 05 Oktober 2016 - 00:00
TUTUP BUKU BULANAN

Hari ini adalah hari Senin dan bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2015 yang pastinya bagi setiap entrepreneur memiliki arti tersendiri dimana set...see more

BERFIKIR IMPACT
oleh Ahmad Syarif pada 05 Oktober 2016 - 00:00
BERFIKIR IMPACT

Kemaren sore, saya bertemu dengan teman-teman yang luar biasa karena mereka adalah bagian dari orang-orang yang memang berjuang bersama saya untuk ...see more