JANGAN PERNAH MEMBUAT KEPUTUSAN…..

Ahmad Syarif
05 Oktober 2016 - 00:00
Share with
JANGAN PERNAH MEMBUAT KEPUTUSAN…..

Setiap entrepreneur memiliki tugas yang sangat berat ketika bicara tentang keputusan bisnis yang harus mereka buat dalam kegiatan sehari-hari. Keputusan yang berhubungan dengan bagaimana bisnis tersebut harus bisa mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Indikator ini menjadi penting untuk membuat setiap entrepreneur bisa sukses untuk bisnis tersebut.
Akan tetapi, seringkali ditemukan bahwa entrepreneur kura memahami hakekat keputusan bisnis yang mereka buat sehingga kualitas keputusan yang dibuat itu tidak mencerminkan hakekat mereka sebagai seorang entrepreneur dan bahkan bertolak belakang. Tentu hal ini tidak boleh terjadi karena akan membuat kualitas kinerja bisnis mereka menjadi buruk. Hmmm….
Salah satu faktor yang seringkali membuat entrepreneur gagal dalam keputusan yang mereka buat adalah adanya faktor emosi ketika membuat keputusan bisnis yang sangat penting bagi mereka sendiri. Emosi yang pastinya berhubungan dengan perasaan yang melekat dan berkembang pada diri mereka masing-masing. tentu hal ini menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari diri setiap entrepreneur yang pada hakekatnya juga adalah seorang manusia.
Emosi ini akan berbahaya kalau para entrepreneur tidak bisa mengelola dengan baik karena akan berdampak luar biasa atas dampak setiap keputusan yang mereka buat. Keputusan tersebut akan tercermin baik atau tidak kualitasnya ketika emosi yang digunakan dalam pembuatan keputusan tinggi atau rendah. Artinya, seberapa banyak emosi yang terlibat pada pembuatan keputusan dan bagaimana dampaknya kepada para bisnis setiap entrepreneur nantinya.
Dilihat dari aspek emosi itu sendiri, hal ini menggambarkan kondisi perasaan para entrepreneur dalam membuat keputusan. Ada beberapa perasaan yang ada di benak konsumen yaitu rasa sedih, rasa senang, rasa sakit, rasa marah, rasa takut, rasa senang dan bahkan apatis yang ada di hati para entrpeeneur. Oleh karena itu, tidak djanjurkan para entrepreneur untuk membuat keputusan dalam keadaan emosi tersebut karena dampak dari keputusan tidak akan terfikirkan.
Rasa yang ada dalam diri itu hanya membuai diri para entrepeneru dalam membuat keputusan. Buaian ini hanya membuat diri mereka seolah-olah yang penting melampiaskan perasaan yang pastinya tidak enak kepada orang lain. Lampiasan yang sangat merugikan diri setelah rasa tersebut meninggalkan diri. Lihat saja, banyak orang yang menyesal dengan keputusan yang sudah mereka buat ketika sudah sadar tidak emosi lagi. Akan tetapi, percuma saja.
Disinilah larangan bagi setiap entrepreneur untuk membuat keputusan dalam keadaan emosi. Lebih baik diam diri dulu sejenak dan menyepi ke tempat yang tidak dianggu oleh banyak orang. Lalu, ambil nafas panjang dan fikirkan untung rugi atas apa yang akan dibuat dalam keputusan tersebut. So… jangan buat keputusan dulu yaaaa dalam keadaan emosi


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA