KEBERHASILAN SEBUAH PRODUK DITENTUKAN FAKTOR WOW

Agus Santoso
06 Oktober 2016 - 16:43
Share with
KEBERHASILAN SEBUAH PRODUK DITENTUKAN FAKTOR WOW

Setelah konsumen menemukan faktor klik pada produk dan layanan kita, jaga dan tingkatkan terus, tambah benefit, tambah values, sehingga mampu membuat “goncangan” lebih dahsyat lagi pada diri konsumen, semakin menancapkan hegemoni brand kita dan mereka berteriak “Wow!”

Inilah yang saya sebut sebagai Faktor Wow! Sebuah kondisi pada saat konsumen merasakan produk dan layanan kita jauh melampaui harapannya. Biasanya muncul adanya desire dan surprising. Mereka tidak mengira akan mendapatkan produk atau layanan prima yang lebih dari standar biasanya.

Sebagai acuan tingkat kepuasan konsumen, bisa digunakan perspektif berdasarkan skala kepuasan. Menurut Ron Kaufman, dikenal ada 6 tingkatan, mulai dari criminal, basic, expected, desired, surprising, dan unbelievable.

Level criminal adalah level terburuk. Konsumen mendapatkan produk dan layanan yang sama sekali jauh dari kebutuhan dan harapannya. Pastinya mereka akan kecewa. Misalnya, jika produknya makanan, rasanya tidak enak, bentuknya tidak menarik, dan pelayanannya ketus bin cuek.

Berikutnya, level basic dan expected, konsumen merasa cukup puas, karena apa yang mereka butuhkan dan harapkan dapat terpenuhi. Di level basic dan expected inilah terkandung satu faktor penentu yang saya sebut sebagai faktor klik.

Pada level ini unsur-unsur dasar yang seharusnya ada dalam sebuah produk dan layanan bisa terpenuhi. Misalnya, jika produk makanan, rasanya enak, dan pelayanannya ramah.

Nah, sudah cukup di level itu? Jika kita ingin punya daya saing tinggi dan memiliki banyak pelanggan loyal, tingkatkan terus ke level berikutnya yaitu level desired dan surprising. Di dua level inilah terkandung satu faktor berikutnya yang saya sebut sebagai Faktor Wow!

Satu faktor yang menjadikan konsumen kaget, terkejut, terbelalak matanya, sangat berhasrat dan tentunya sangat puas dengan produk dan layanan kita. Ada fitur tambahan benefit yang diberikan pada konsumen. Jika produknya makanan, sangat enak, ramah, tampilannya menggiurkan, harga terjangkau, ada bonus makanan penyerta, bisa diberi nama ucapan, dll.

Selanjutnya ciptakan Faktor Wah! yang akan dibahas dalam tulisan berikutnya. 

Salam Sukses Melangit!

Agus Santoso, Founder GIMB Entrepreneur School


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA