KEPUTUSAN DIAWAL BULAN

Ahmad Syarif
05 Oktober 2016 - 00:00
Share with
KEPUTUSAN DIAWAL BULAN

Hmmm… kang, apa yang harus saya lakukan di momentum awal bulan?…..” pertanyaan salah seorang entrepreneur kepada saya ketika berbicara tentang decision making yang memang menjadi tugas utama seorang entrepeneur dalam berbisnis. Pertanyaan begitu sederhana akan tetapi, sangat besar pengaruhnya pada diri entrepreneur untuk mencapai sukses dalam konteks sebagai pebisnis yang pastinya memiliki tugas  yang tidak gampang.

Awal bulan adalah kesempatan entrepreneur untuk mencapai tujuan bisnis yang harus dicapai. Awal bulan merupakan momentum untuk memulai sesuatu yang harus dilakukan dan dengan semangat awal bulan, semuanya akan bisa lebih terarah untuk dicapai oleh para entrepreneur. tidak bisa dipungkiri bahwa mereka memiliki kepentingan yang tidak sedikit.

Momentum itu tidaklah gampang untuk dicapai karena sebagai seorang entrepreneur, mereka memang diharapkan untuk bisa mencapai yang namanya momentum yang sejatinya harus bisa dilihat atau diciptakan oleh para entrepreneur. momentum awal bulan adalah kesempatan dengan semangat baru untuk mencapai tujuan. Inilah yang harus dicapai.

Kesempatan ini bila dilihat secara lebih mendalam harus bisa dilihat sebagai sebuah hal yang bersifat strategik karena akan berdampak kepada sebulan kedepan. Pertama dari aspek rencana, awal bulan itu adalah kesempatan untuk memulai melaksanakan rencana para entrepreneur. kesempatan untuk memulai sesuatu untuk diri dan bisnis mereka masing-masing.

Oleh karena itu, sudah menjadi sebuah keharusan seorang entrepreneur memulai sesuatu itu dengan membaca rencana untuk satu bulan kedepan. Harus ada kejelasan dalam bisnis untuk kedepannya baik rencana keuangan, pemasaran, operasi dan bahkan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan bisnis yaitu TP = TR – TC. Total profit dihasilkan dari peningkatan total revenue dikurangi total cost.

Selanjutnya adalah mulai membangun kesamaan persepsi pada seluruh orang yang ada dalam perusahaan untuk dicapai entrepreneur. kesamaan persepsi atas target yang hendak dicapai dan juga bagaimana peran masing-masing orang dalam perusahaan. tidak boleh dianggap enteng karena semuanya memiliki kontribusi yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Yang terakhir adalah bagaimana mulai mengarahkan bagaimana entrepreneur harus mencapai tujuan itu sendiri. Bagaimana entrepreneur menjalankan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan itu sendiri. Tujuan yang diukur dari aspek langkah-langkah untuk mencapai apa yang tujuan, khususnya dalam bentuk program-program nyata dan terukur untuk memudahkan proses evaluasi dalam pencapaiannya. Inilah yang paling penting bagi para entrepreneur.


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA