KEPUTUSAN DIHUBUNGKAN DENGAN EMOSI STAKEHODLERS.

Ahmad Syarif
05 Oktober 2016 - 00:00
Share with
KEPUTUSAN DIHUBUNGKAN DENGAN EMOSI STAKEHODLERS.

Saya selalu menyatakan bahwa yang membuat keputusan sebuah perusahaan harus selalu logis karena akan menentukan kualitas keputusan yang mereka buat. Usahakan setiap saat kita membuat keputusan, harus logis, ada nalar dan logika yang berlaku disana. Tidak ada pengecualian untuk itu, hal selalu saya tekankan kepada banyak orang. Jangan pernah terjebak dengan perasaaan. Sekali kita terjebak, habislah kita.

Rasanya ini berlaku bagi setiap entrepreneur. akan tetapi, sebaliknya, entrepreneur harus mampu membuat keputusan yang relevan dengan emosi setiap stakeholders yang berhubungan dengan keputusan tersebut. Stakeholders yang sangat relevan dengan proses dan hasil keputusan, baik ditingkat output, outcome maupun impact yang sangat penting untuk diamati.

Seringkali orang berfikir bahwa yang penting rasional dan selalu berhitung dalam keputusan. Itu wajib hukumnya kata mereka. Akan tetapi, hal ini akan terasa sekali ketika entrepreneur akan membuat sebuah keputusan yang berhubungan dengan manusia dimana pelaku dan yang merasakan akan dampak keputusan itu adalah manusia. Tidak mungkin akan berhasil kalau hanya mengandalkan aspek rasionalitasnya saja.

Oleh karena itu, entrepreneur harus memberikan perhatian pada aspek humanism atau emosi para stakeholders. Emosi yang berhubungan dengan rasa yang melekat pada diri mereka masing-masing. rasa itu akan menjadi faktor kunci dan key success factor bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan keputusan dan untuk mendapatkan hasil atas keputusan itu sendiri.

Rasa ini berhubungan dengan perasaan yang dilihat dari aspek diri sendiri, perasaan tentang keluarga, perasaan dalam hubungannya dengan lingkungan sosial seperti komunitas, karyawan dan bahkan bisnis mereka masing-masing. kejarlah aspek yang berhubungan dengan perasaan tersebut sehingga akan lebih mudah untuk memasuki aspek tersebut.

Oleh karena itu, sudah sejatinya setiap entrepreneur membuat keputusan yang dihubungkan dengan emosi atau perasaan mereka, khususnya yang berhubungan dengan bagaimana menjalankan keputusan dan juga dampak dari keputusan tersebut. Tidak boleh diabaikan aspek ini dalam setiap keputusan yang dibuat oleh entrepreneur, khususnya yang berhubungan dengan bisnis.

Sudah sejatinya seorang entrepreneur lebih mengenal tentang aspek kemanusiaan khususnya yang berhubungan dengan rasa yang melekat pada diri mereka masing-masing. aspek yang sangat lekat dengan diri entrepreneur dan dapat mempengaruhi mereka untuk diri sendiri pada khususnya dan bisnis pada umumnya yang sejatinya menjadi perhatian entrepreneur dalam setiap keputusan. Ingat, nilai itu penting dan itu bisa dicapai melalui manusia.


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA