KEPUTUSAN HARUS DIEVALUASI

Ahmad Syarif
05 Oktober 2016 - 00:00
Share with
KEPUTUSAN HARUS DIEVALUASI

Inilah salah satu tugas yang paling berat bagi setiap entrepreneur ketika mereka menjalankan bisnis untuk saat ini dan yang akan datang dimana mereka menghadapi banyak  kendala dan harus diselesaikan dengan baik. Setiap bisnis itu menghadapi masalah dan untuk itu, mereka harus mampu membuat sebuah keputusan yang sangat penting bagi bisnis mereka.

Hanya saja, membuat sebuah keputusan untuk menyelesaikan masalah tidak cukup hanya berdasarkan kepada bagaimana keputusan dibuat dan keputusan dijalankan. Yang paling penting adalah bagaimana keputusan itu harus dievaluasi untuk melihat sejauh mana pencapaiannya dan bagaimana dampak kepada bisnis para entrepreneur. dampak yang dilihat tidak hanya untuk saat ini akan tetapi juga untuk masa depan.

Evaluasi sebuah keputusan akan melihat capaian untuk penyelesaiaan masalah dan ini menjadi strategis bagi setiap entrepreneur. evaluasi yang dilakukan bisa pada beberapa aspek yang penting yaitu pertama, pada capaian yang dilihat dari target atau tujuan keputusan itu dibuat. Misalnya untuk keputusan yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Masing-masing aspek memiliki indikator dan sejatinya dapat dilihat target yang sudah ditetapkan dengan melihat konsep SMART  yaitu specific, measurable, attainable, reasonable dan time table untuk menjalankan setiap aspek yang hendap dicapai.  Indikator ini menjadi penting bagi entrepreneur dalam menjalankan keputusan yang berhubungan dengan bisnis.

Kedua, mengevaluasi tingkat pelaksanaankeputusan tersebut. Ini dapat dilihat pada aspek pelaksanaan setiap keputusan yang dapat dilihat pada program yang dijalankan. Artinya, apakan program yang dibuat relevan dengan keputusan yang mereka buat atau tidak. Jangan sampai terjebak dengan adanya gap antara keputusan dengan program yang tidak nyambung.

Lalu, berhubungan dengan anggaran yang disediakan, SOP yang dibuat oleh entrepreneur. bisa jadi, masalah timbul di salah satu aspek yang berhubungan dengan bagian-bagian dari program, anggaran ataupun sop. Bahkan berhubungan dengan manpower yang terlibat pada setiap implementasi keputusan.  Masing-masing aspek dianalisis untuk mendapatkan penilaian atau evaluasi yang objektif atas apa yang dikerjakan.

Bisa jadi masalah itu timbul dari keputusan yang dibuat dan berasal dari problem identification, mencari alternative solusi dan bahkan analisis atas setiap alternative solusi yang diberikan. Penting bagi entrepreneur untuk menganalisis setiap tahap dalam proses pengambilan keputusan tersebut agar bisa memberikan value yang optimal bagi setiap entrepreneur. jadi, setiap tahap harus evaluasi dan saatnya entrepreneur menganalisis setiap aspek dalam keputusan.


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA