PUTUSKAN… YA ATAU TIDAK …..

Ahmad Syarif
05 Oktober 2016 - 00:00
Share with
PUTUSKAN… YA ATAU TIDAK …..

Rasanya, ini adalah waktu yang paling berat dan susah bagi para entrepreneur ketika mereka ditanya tentang proses pembuatan keputusan adau decision making process. Tahap yang paling berat karena akan berhubungan dengan mental dan psikologi mereka. Seringkali orang gagal melewati tahap ini karena banyak yang sudah tahu dan untuk itu, para pihak yang terkena dampak dari keputusan akan “bermain” pada fase ini.

Ketika ditanya, mau diputuskan atau tidak, seorang pengambil keputusan yang notabene adalah para entrepreneur dalam konteks ini akan sangat dilihat pada sisi mana mereka memiliki kelemahan. Kelemahan yang berhubungan dengan dampak dari keputusan ataupun resiko yang melekat pada keputusan tersebut. Kalau diidentifkasi secara mendalam, ada beberapa point yang harus dipahami untuk melihat sejauh mana resiko itu akan berdampak kepada diri mereka, keluarga, lingkungan sosial, lingkungan budaya dan bahkan ditempat mereka bekerja.

Ini adalah keputusan yang harus dibuat oleh para entrepreneur dengan memperhatikan proses pengambilan keputusan dan juga bagaimana dampak keputusan yang mereka buat. Inilah yang menjadi perhatian para entrepreneur dalam keadaan harus membuat keputusan.

Pada akhirnya, setiap entrepreneur harus berani untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan masalah yang mereka hadapi dalam bisnis itu sendiri. Keberanian untuk membuat keputusan adalah wajib hukumnya agar tidak menjadi hal yang bersifat abu-abu. Artinya, keputusan yang “menggantung” bagi diri sendiri, bisnis dan berbagai hal yang berhubungan dengan keputusan itu sendiri.

Perlulah setiap entrepreneur untuk memahami bagaimana tahapan yang paling berat itu adalah membuat keputusan dan bentuknya adalah ya atau tidak. Artinya adalah setiap orang yang akan diuji keputusasn yang dibuat tersebut untuk fokus kepada ya atau tidak. Kalau iya bagaimana dan kalau tidak bagaimana. Saya jadi teringat kepada konsep bagaimana konsep berfikir sistem dalam membuat keputusan yaitu input, process, output, outcome dan bahkan impact.

Konsep ya atau tidak akan berhubungan dengan output, outcome dan impact yang dihasilkan dan setiap keputusan yang dibuat. Disinilah yang paling penting untuk dipahami entrepreneur dalam setiap keputusan mereka masing-masing.

Sekarang, bagaimana dengan para entrepreneur? sudah siapkah untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan fase iya atau tidak? Ingat, itu berhubungan dengan mental dan pastinya kalau mentalnya kuat, akan bisa, tetapi, kalau tidak, maka mereka akan menjadi pecundang…..


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA