SUDAH DIBERI FAKTOR WOW DITAMBAH FAKTOR WAH

Agus Santoso
08 Oktober 2016 - 16:41
Share with
SUDAH DIBERI FAKTOR WOW DITAMBAH FAKTOR WAH

Setelah konsumen menemukan faktor klik dan faktor wow! pada produk dan layanan kita, tingkatkan terus, perbaiki terus, tambah values, dan kunci dengan sesuatu yang membuat konsumen geleng-geleng kepala, tidak percaya dengan apa yang diperoleh, tapi itu sungguh sebuah kenyataan. Inilah yang saya sebut sebagai Faktor Wah! Unbelievable!

Pada kondisi ini, terlontar kalimat-kalimat kekaguman dari konsumen, seperti : “Wah, luar biasa top banget deh produknya!” atau “Wah benar-benar excellence pelayanannya!” atau “Wah gila nih keren abis desainnya!”

 

Faktor Wah bisa didapatkan ketika kualitas produk dan layanan kita benar-benar prima, jauh melebihi ekspektasi konsumen. Perlu sentuhan smart, dengan cost minimal, tapi memberikan dampak value dan benefit yang luar biasa.

Dalam skala kepuasan, kondisi ini masuk dalam level unbelievable. Sungguh di luar dugaan konsumen. Ketika telah berhasil mencapai level ini, konsumen bisa dipastikan tidak hanya puas, tapi sangat besar kemungkinan masuk ke level customer loyal. Jika sudah menjadi customer loyal, apa yang terjadi?

Pertama, dia akan melakukan repeat order, beli dan beli lagi. Kedua, dia akan melakukan buying others, ketika kita punya varian produk lain, dia akan beli juga karena sudah percaya. Ketiga, dia akan melakukan rekomendasi pada orang lain, ini yang disebut Word of Mouth Marketing, dan ini termasuk strategi zero marketing. Keempat, dia akan melakukan ignore competitor, meski ada produk lain dari kompetitor yang lebih bagus, dia akan berani tolak.

Ada satu kisah yang menggambarkan Faktor Wah ini. Di sebuah hotel bintang lima di negeri jiran, dalam sebuah lift bertemu seorang customer dengan seorang pelayan hotel. Customer menanyakan kapan waktu buka puasa hari ini, dan dijawab oleh pelayan dengan baik. Pelayan lalu menanyakan customer tersebut menginap di kamar nomor berapa dan dijawab oleh customer.

Singkat cerita, sore harinya menjelang waktu maghrib, customer tadi sudah standby di ruang makan menunggu waktu buka puasa. Tiba-tiba datang pelayan tadi dan mengatakan, “Bapak silahkan, di kamar Bapak sudah kami sediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, gratis, tidak perlu membayar” dengan senyuman ramah dan penuh hormat.

Apa yang dirasakan customer? “Waaaah benar-benar luar biasa pelayanan Anda! Terima Kasih”

Salam Sukses Melangit!

Agus Santoso, Founder GIMB Entrepreneur School


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA