TUTUP BUKU BULANAN

Ahmad Syarif
05 Oktober 2016 - 00:00
Share with
TUTUP BUKU BULANAN

Hari ini adalah hari Senin dan bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2015 yang pastinya bagi setiap entrepreneur memiliki arti tersendiri dimana setiap akhir bulan, entrepreneur harus membuat laporan bulanan sebagai bentuk pertanggungjawaban bisnis mereka kepada manajemen dan juga owner. Saya sadar sekali mereka juga menjadi owner dan manajer pada waktu bersamaan, akan tetapi, dalam konteks enterepeneurship, mereka harus bisa berperan ganda.

Salah satunya adalah keputusan yang berhubungan dengan keuangan yang dicerminkan oleh laporan keuangan setiap akhir bulan. Mereka harus tutup buku untuk setiap kegiatan selama sebulan, khususnya kegiatan keuangan dalam perusahaan. tidak bisa dipungkiri ini akan berdampak kepada kinerja perusahaanitu sendiri.

Seringkali orang kurang menyadari bagaimana dampak setiap laporan keuangan yang dimiliki oleh para entrepreneur kalau bisa dikelola dengan baik dan menghasilkan laporan keuangan yang valid dan reliable. Artinya, perusahaan itu akan sangat baik dalam hal pengelolaan dan berdampak luar biasa bagi para entrepreneur, baik untuk saat ini ataupun dalam jangka panjang.

Tutup buku bulanan ini akan berdampak signifikan kepada keputusan bisnis yang akan dibuat oleh entrepreneur. keputusan yang tidak boleh lepas dari TP = TR – TC dimana keputusan yang harus berkontribusi pada peningkatan total profit melalui peningkatan total revenue dan pengurangan total cost perusahaan.

Dengan memiliki konsep bisnis yang jelas untuk mencapai profit, laporan keuangan setiap bulan itu akan membantu entrepreneur menggapai sukses dengan lebih mudah. Kondisi perusahaan dalam hal tingkat profitabilitas seperti Return on Investment, Return on Asset, Return on Equity dan indikator lainnya juga bisa diketahui. Jelas ini sangat penting bagi entrepreneur dan tinggal dibandingkan antara bulan sebelum dan sesudahnya.

Dalam aspek pemasaran, juga akan tercermin bagaimana tingkat penjualan produk yang dipasarkan oleh para entrepreneur. jumlah penjualan, harga penjualan akan tercermin pada revenue perusahaan yang ditampilan dalam laporan keuangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini akan sangat penting bagi entrepreneur untuk sukses.

Demikian juga dengan pengeluaran atas biaya operasional perusahaan, baik yang berhubungan dengan operasi dan juga sumber daya manusia. Ini akan menjadi penting bagi entrepreneur karena setiap keputusan harus didukung oleh informasi yang valid dan reliable bagi entrepreneur sehingga akan didapatkan keputusan yang optimal dan berkontribusi pada peningkatan TP = TR – TC. So, sudah saatnya entrepreneur fokus pada laporan keuangan perusahaa dan akhir bulan itu kudu tutup buku.


Total nilai artikel ini

0

/5 dari 0 orang
Artikel tidak pantas ditampilkan?

Berikan Rating dan Komentar disini
Tentukan rating Anda sebelum memberikan komentar
  • KURANG
  • BOLEH
    JUGA
  • CUKUP
    PUAS
  • PUAS
  • SANGAT
    PUAS
Komentar (0)

ARTIKEL LAINNYA